Cara Mudah Merubah Tampilan Situs Menjadi Mode Baca atau Mode Malam Dengan Chrome

Inilah Fitur Chrome yang mungkin tidak banyak diketahui orang

Inilah fitur yang mungkin tidak diketahui orang pada Chrome


Pengguna smartphone tidak lepas dari kegiatan berinternet selain mengkases media sosial. Salahsatu cara mengakses media sosial selain menggunakan aplikasainya adalah dengan cara menggunakan browser.

Kelebihan mengakses media sosial dengan browser itu lebih fleksibel. Jaman now,browser semakin canggih,semakin kaya fitur untuk memudahkan penggunanya. Salahsatu browser yang ada dan paling banyak digunakan saat ini adalah Chrome. Chrome merupakan browser besutan raksasa internet Google,yang "wajib" ada di setiap ponsel pintar Android.

Chrome,selain untuk mengakses sosial media,juga digunakan untuk berselancar di dunia maya atau internet atau istilahnya googling atau browsing.

Dari sekian banyak fitur yang terdapat pada browser Chrome ini,ada satu fitur yang mungkin tidak banyak diketahui pengguna smartphone. Fitur tersebut adalah fitur untuk menampilkan mode baca ketika digunakan untuk mengakses situs berita,misalnya.

Mode baca atau mode gelap,berguna untuk meminimalisir dampak negatif dari pancaran cahaya dari layar gadget,apakah itu berupa tablet ataupun ponsel. Mode baca ini memang sudah ada di beberapa tipe ponsel dari merek tertentu. Yang penggunaanya cukup diaktifkan pada settingan layarnya.

Bagi pengguna ponsel yang tidak ada fitur bawaan seperti tersebut diatas,bisa memanfaatkan Chrome ini ketika digunakan membaca artikel atau berselancar mengakses situs-situs berita dan lain-lain,dengan mengaktifkan pengaturan di browser Chrome ini.

Fitur mode baca yang dalam Chrome ini disebut mode gelap dan mode sepia,bisa diaktifkan setelah mengaktifkan mode membaca situs"tampilkan tampilan sederhana" ketika mengakses sebuah situs.

Berikut langkah-langkah cara merubah tampilan situs menjadi mode baca atau mode gelap dan sepia di browser Chrome.

1. Pertama klik aplikasi Chrome di ponsel pintar Anda.
2. Klik titik tiga dipojok kanan atas Chrome lalu pilih opsi Setelan.
3. Pilih opsi Aksesibilitas lalu centang pada bagian kotak kecil diujung opsi Tampilan Sederhana untuk Web


4. Cobalah ketikkan dikolom pencarian alamat situs yang sering Anda kunjungi. Atau kunjungi dailynokianisasi yang kebetulan sudah mendukung tampilan sederhana. Jika situs yang Anda akses itu mendukung tampilan sederhana,maka klik saja pop-up yang muncul dibagian bawah layar ponsel. Lihat gambar dibawah ini.


Maka tampilannya berubah sederhana seperti gambar dibawah ini


5. Setelah itu,klik tiga titik di kanan atas seperti pada gambar diatas. Maka akan terbuka beberapa opsi. Lihat gambar dibawah ini


Lalu pilih opsi Tampilan. Akan terbuka menjadi begini:


Untuk mendapatkan mode gelap silahkan pilih gelap. Jika Anda tidak nyaman,pilih mode sepia. Namun jika tak nyaman juga Anda pilih mode terang.

Mode-mode tersebut merubah tampilan situs sesuai mode yang dipilih.

Sampai disini,demikianlah cara mudah merubah tampilan situs menjadi mode baca dengan fitur Tampilan Sederhana di browser Chrome.

Namun ternyata fitur tampilan sederhana ini juga menyimpan fitur lain,yaitu merubah tulisan pada situs sesuai jenis font yang dipilih,serta merubah ukuran font atau ukuran huruf.

Untuk merubah style huruf atau font,caranya cukup klik saja pada ikon segi tiga pada ujung kanan tulusan monospace. Maka akan terlihat tiga macam font style yang tersedia secara default. Pilih salahsatunya dan lihatlah perubahannya.

Sedangkan untuk merubah ukuran huruf,caranya cukup dengan menggeserkan ke kiri atau ke kanan secara horisontal. Prosentase besaran huruf akan terlihat secara otomatis dan merubah ukuran huruf tersebut.

Berikut ini beberapa screenshot yan menunjukkan perubahan tampilan sesuai settingan yang dipilih.




Semoga bermanfaat.

Jangan lupa share ke media sosial Anda.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Inilah 2 Fitur Baru Pada Android Pie 9.0

Sekilas Spesifikasi Nokia Trio