Tips Cara Memindahkan Aplikasi Pada Ponsel Android dari Internal ke Memory MicroSD

Kali ini admin Nokianisasi akan berbagi tips cara memindahkan aplikasi pada smartphone Nokia dari memory internal ke memory eksternal atau microSD.

Namun mohon maaf jika pada artikel ini kembali tanpa gambar atau ilustrasi. Namun mudah-mudahan Anda bisa memahami tips ini.

Agar diketahui bahwa saya mengunakan Nokia 5 sebagai ponsel yang dijadikan alat untuk menggunakan cara memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal ini. Bisa jadi ada beberapa perbedaan dengan perangkat merk lain.

Pertama-tama yang harus anda lakukan adalah membeli memory tambahan berupa microSD yang didukung oleh perangkat anda Jika anda belum memilikinya. Admin menggunakan microSD merk Sandisk dengan kapasitas penyimpanan atau memory sebesar 16 GB.

Jika sudah ada,silahkan buka slot memory eksternal di Nokia anda dengan menggunakan ejector. Lalu masukkan microSD atau letakan di tray sdcard anda. Lalu dorong atau tekan traynya. Maka dalam beberapa detik akan terdeteksi oleh perangkat anda.

Akan terbuka tampilan berupa tiga pilihan yg bisa dipilih yaitu - gunakan sebagai penyimpanan internal bersama,
                      - gunakan sebagai penyimpanan portabel dan yg terakhir siapkan nanti. Yang perlu anda pilih adalah opsi gunakan sebagai penyimpanan bersama internal. Ikuti prosesnya sampai selesai

Setelah prosesnya selesai maka untuk mulai memindahkan aplikasi dari internal ke microSD adalah sebagai berikut:
- klik pada tulisan penyimpanan bersama internal. Lalu pilih aplikasi-aplikasi. maka akan terbuka opsi ganti penyimpanan.
- atau anda keluar dulu dari settingan ini lalu dari layar menu pilih saja aplikasi yang ingin anda pindahkan. Dengan cara tap dan tahan sampai ada pop up info aplikasi lalu klik tulisan info aplikasi tersebut. Lalu klik kata Ganti penyimpanan. Ikuti prosesnya sampai selesai.

Cara berikutnya : dengan cara ini Anda bisa memindahkan beberapa file,media,data dan aplikasi sekaligus dalam satu kali proses pemindahan. Dimulai dengan masuk ke pengaturan ponsel lalu pilih tab penyimpanan kemudian pilih penyimpanan bersama internal( cara ini jika microSD sudah dijadikan penyimpanan internal). Selanjutnya klik titik tiga di sudut kanan-atas layar lalu klik migrasikan data. Kemudian klik tab pindahkan data di sudut kanan-bawah layar. Tunggu beberapa menit sampai proses pemindahan data berupa file,media dan aplikasi tertentu selesai dipindahkan.

Proses pemindahan aplikasi dari internal ke microsd dengan cara masuk ke info aplikasi, ini hanya bisa dilakukan satu persatu saja. Dan hanya aplikasi yang Anda unduh yang bisa dipindahkan dari internal ke microSD. Namun ada juga yang tidak bisa. Oun begitu juga dengan aplikasi bawaan ponsel.

Lalu bagaimana jika micro sd anda sudah terlanjur dijadikan penyimpanan portabel? Mudah saja. Caranya cukup klik saja pada bagian tulisan penyimpanan microD Sandisk. Akan muncul isi dari microSD Sandisk tersebut. Klik saja tiga titik vertikal di sudut kanan-atas layar hp Anda lalu pilih setelan  penyimpanan lalu pilih "format sebagai penyimpanan internal".
Ikuti prosesnya seperti pada cara pertama sampai selesai.

Nah itulah tips cara memindahkan aplikasi dari internal ke microSD pada ponsel pintar Nokia dan ponsel-ponsel merk lainnya.

Jika ada pertanyaan,kritik dan saran mengenai tips cara memindahkan aplikasi dari internal ke microSD ini,silahkan tulis di kolom komentar yang sudah tersedia.

Jangan lupa untuk membagikan tips ini agar lebih banyak orang mengetahui tips cara memindahkan aplikasi dari internal ke microSD ini.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Merubah Tampilan Situs Menjadi Mode Baca atau Mode Malam Dengan Chrome

Inilah 2 Fitur Baru Pada Android Pie 9.0

Sekilas Spesifikasi Nokia Trio